Info Ajang Aktualisasi u/ Semuanya (lagi)!

Lomba Inovasi Teknologi Juni 2011 – Lomba Inovasi Tepat Guna (TTG) Pemberdayaan Masyarakat Aceh

 LOMBA INOVASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG) SE-ACEH III BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ACEH TAHUN 2011

NAMA KEGIATAN 
Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Se-Aceh III Tahun 2011 

TEMA 
TTG Terbarukan Berbasis Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Masyara

PENGERTIAN 
Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab 
permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara 
mudah serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup. 

Pengembangan TTG adalah peningkatan kualitas dan kuantitas dalam bentuk disain, fungsi dan manfaat 
TTG. Lomba Inovasi TTG ini adalah salah satu dari kegiatan pengembangan TTG. 

Pemberdayaan Masyarakat adalah penciptaan kondisi yang memungkinkan masyarakat mampu 
membangun diri dan lingkungannya secara mandiri. 

DASAR 

  1. Instruksi Presiden Rupublik Indonesia Nomor 3 Tahun 2001 tentang Penerapan dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna.
  2. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna.
  3. Pengumuman Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh Nomor 414.24/1691 tanggal 23 Maret 2011 tentang Pengumuman Lomba Inovasi TTG Se-Aceh III Tahun 201
  4. Surat Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh Nomor 414.241692 /BPM tanggal 23 Maret 2011 tentang Lomba Inovasi TTG Se-Aceh III Tahun 2011

INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
TUJUAN 

  1. Mempercepat pemulihan ekonomi, meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif masyarakat, memperluas lapangan kerja dan usaha serta meningkatkan produktivitas dan mutu produksi;
  2. Menunjang pengembangan wilayah melalui penemuan TTG berbasis potensi daerah menuju keunggulan kompetitif dalam persaingan lokal, regional, dan global;
  3. Memasyarakatkan dan menumbuhkan budaya wirausaha.

INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
SASARAN 

  1. Menjaring dan merangsang keinginan masyarakat untuk menemukan TTG;
  2. Menumbuh kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang terdapat di masyarakat baik di kalangan akademisi, instansi pemerintah, swasta dan lainnya;
  3. Memotivasi inovator-inovator kreatif guna menghasilkan produk inovasi TTG;
  4. Menjaring hasil teknologi yang dapat memacu percepatan pengembangan dunia usaha.

INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
TARGET 

  1. Meningkatnya pemahaman Pemerintah Aceh tentang program pemberdayaan masyarakat melalui pemasyarakatan dan pendayagunaan TTG dan penguatan kapasitas kelembagaan TTG;
  2. Terhimpunnya jenis-jenis TTG hasil inovasi masyarakat, dunia usaha, sekolah-perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah dan swasta;
  3. Meningkatnya kualitas alat TTG melalui pemberian insentif;
  4. Meningkatnya mutu produksi melalui pemanfaatan karya inovasi teknologi;
  5. Terjadi proses knowledge exchange di antara finalis lomba inovasi TTG untuk peningkatan kualitas TTG di masa mendatang.

INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
SYARAT 

  1. Mengirim atau dapat diantar langsung Dokumen Usulan TTG yang akan diperlombakan kepada Panitia Penyelenggara Lomba Inovasi TTG Se-Aceh III Badan Pemberdayaan Masnyarakat (BPM) Aceh Cq. Bidang Pengembangan Teknologi Perdesaan (PTP), Jalan Tgk. Syech Mudawali No. E-19 Banda Aceh (23242), paling lambat tanggal 20 Juni 2011 pukul 16.00 WIB (pendaftaran pada setiap hari kerja dan jam kerja).
  2. Mempresentasikan TTG di depan Tim Seleksi di BPM Aceh bagi peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Tahap-1 (seleksi Dokumen Usulan TTG). Selama presentasi berlangsungdi Banda Acehpanitia penyelenggara menyediakan akomodasi, konsumsi, uang saku dan uang transportasi darat (PP).

INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
KATEGORI 
Pelajar, Mahasiswa, Umum, Guru (KODE : A) 
Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian/Pemerintah (KODE : B) 

KETENTUAN 

  1. Dokumen Usulan TTG berisikan Pernyataan dan Identifikasi TTG yang dibuat secara terpisah di atas kertas ukuran A4 diketik dengan rapi. Peserta dapat mengirim lebih dari satu jenis TTG yang akan diperlombakan dengan syarat satu dokumen usulan untuk satu jenis TTG.
  2. Pernyataan berisi keterangan bahwa TTG yang diperlombakan BUKAN replika TTG yang sudah ada dan/atau BELUM pernah diperlombakan dimanapun. Pernyataan dibubuhi tandatangan (lampiran 1).
  3. Identifikasi TTG berisi informasi tentang judul TTG, identitas pengusul TTG (nama, nomor HP, alamat lengkap, instansi, kategori), latar belakang TTG yang dikembangkan, manfaat, spesifikasi (ukuran, bahan dan biaya pembuatan), cara kerja, kelebihan dan kelemahan, gambar/foto/compact disc (CD) dan informasi lain yang di rasa perlu. Dibuat dengan rapi, format dan jumlah halaman dokumen tidak dibatasi (lampiran 2)
  4. TTG yang diusulkan untuk diperlombakan dapat dimanfaatkan untuk aktivitas pertanian dan agroindustri, perikanan, kelautan, industri kecil dan lain sebagainya.
  5. Peserta boleh individu atau kelompok baik dari masyarakat umum, pelajar, akademisi (sekolah atau perguruan tinggi), instansi pemerintah (BPM kabupaten/kota, BLK, BPTP, dsb), maupun swasta yang berdomisili di Aceh.
  6. Dokumen Usulan TTG dikirim kepada Panitia Penyelenggara sebanyak 3 (tiga) eksemplar, dimasukkan ke dalam amplop, cantumkan Kode Kategori di sudut kanan atas amplop dan lampirkan fotokopi Kartu Tanda Pengenal (KTP) sebanyak 1 (satu) lembar.
  7. Panitia Penyelenggara tidak mengembalikan dokumen yang masuk, tetapi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) TTG tetap milik peserta.
  8. Hal-hal yang belum jelas terkait dengan tata cara pembuatan Dokumen Usulan TTG dapat menghubungi Panitia Penyelenggara.

INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
PENILAIAN 

  1. Penilaian akan dilakukan oleh Tim Seleksi yang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  2. Proses penilaian dilakukan melalui 2 (dua) tahap penilaian yang masing-masing memiliki sub-kriteria dan bobot nilai.
  3. Tahap-1 : Penilaian berdasarkan kelengkapan dan kejelasan Dokumen Usulan serta bobot nilai kriteria.
  4. Tahap-2 : Penilaian berdasarkan hasil presentasi peserta dan pengamatan langsung Tim Seleksi
  5. Total Nilai : Penjumlahan nilai Tahap-1 dan Tahap-2.
  6. Pada Tahap-1 Tim Seleksi akan menetapkan 6 (enam) orang/tim finalis untuk setiap kategori dan pada
  7. Tahap-2 Tim Seleksi menetapkan Juara I, Juara II dan Juara III untuk setiap kategori berdasarkan bobot nilai.

INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
KRITERIA PENILAIAN 

  1. Aspek Penerapan dan Kebaharuan Teknologi
  2. TTG yang dihasilkan diharapkan benar-benar hasil penerapan unsur-unsur teknologi seperti engineering dan ergonomi. Ide perancangan diharapkan berupa ide baru atau berupa ide lama yang diperbaharui dengan modifikasi dan tambahan fungsi baru.

Aspek Perbaikan Mutu Kehidupan Masyarakat 
TTG yang dihasilkan diharapkan benar-benar mampu meningkatkan perbaikan kualitas kehidupan baik dari aspek sosial, budaya, agama, kesadaran hukum, lingkungan hidup, dan lain sebagainya.
INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
Aspek Ekonomi 
TTG yang dihasilkan mampu meningkatkan nilai komersial, efisiensi, mutu produk, dan produktivitas yang pada akhirnya meningkatkan daya saing usaha. Selain itu TTG yang dikembangkan diharapkan bukan merupakan teknologi berbiaya tinggi sehingga dapat dikembangkan oleh masyarakat luas dengan biaya terjangkau. 
INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
Aspek Teknis 
TTG yang dihasilkan secara teknis mudah dibuat, dioperasionalkan dan relevan dengan kebutuhan (layak sasaran) serta mudah untuk direplikasikan. 

Aspek Pengangkatan Potensi Daerah 
TTG yang dihasilkan diharapkan merupakan proses pengangkatan dan pemberdayaan potensi Aceh umumnya dan atau potensi tiap daerah kabupaten/kota khususnya. 

HADIAH DAN PENGHARGAAN 

  • 6 (enam) Finalis untuk setiap kategori mendapatkan Plakat dan Sertifikat.
  • 3 (tiga) Finalis untuk setiap kategori akan mendapatkan :

INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/

  • Juara I: Rp. 25.000.000,- + Piala Tetap + Diikutkan pada Gelar TTG Nasional XIII Oktober 2011 di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
  • Juara II: Rp. 22.500.000,- + Piala Tetap Diikutkan pada Gelar TTG Nasional XIII Oktober 2011 di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
  • Juara III : Rp. 20.000.000,- + Piala Tetap

INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/
RUANG LINGKUP 
Lomba Inovasi TTG Se-AcehIII BPM Aceh Tahun 2011 diperuntukkan bagi seluruh warga masyarakat yang berdomisili di Aceh, baik dari kelompok masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, guru,akademisi (sekolah atau perguruan tinggi), instansi pemerintah (BPM kabupaten/kota, BLK, BPTP, dan sebagainya) maupun swasta.

PENDAFTARAN 
Dibuka sampai tanggal 20 Juni 2011 pukul 16.00 Wib pada setiap hari kerja dengan mengirim atau dapat diantar langsung Dokumen Usulan TTG yang akan diperlombakan kepada :
INFORMASI LEBIH LENGKAP DI http://infolombaku.blogspot.com/

Panitia Penyelenggara Lomba Inovasi TTG Se-Aceh III BPM Aceh Tahun 2011
Cq. Bidang Pengembangan Teknologi Perdesaan (PTP) 
Jalan Tgk. Syeh Mudawali No. E-19 Banda Aceh (23242)
Telp/Faks 0651-26331, Email : razi_jati8@yahoo.com, Website : www.acehprov.go.id,
Contact Person : Sdr. Syarif (HP. 0813 7701 6126) dan Sdr(i). Ferawita (HP.0813 6020 9878)

DOWNLOAD KELENGKAPAN SELURUHNYA

LAIN-LAIN 
Pengumuman ini mendahului persetujuan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun Anggaran 2011 sehingga apabila dikemudian hari ternyata dana dalam dokumen anggaran yang telah disahkan tidak tersedia atau tidak cukup tersedia, maka Lomba Inovasi TTG ini dapat dibatalkan dan peserta tidak dapat menuntut ganti rugi dalam bentuk apapun. 

 Departemen Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga akan mengadakan Sharia Economics Olympiad bagi pelajar SMA/Sederajat yang bertujuan untuk melakukan edukasi dan sosialisasi sejak dini tentang Sistem Ekonomi Islam kepada pelajar SMA/Sederajat dengan melibatkan peran aktif dari para pendidik.

SASARAN KEGIATAN
Siswa siswi SMA, MA/ Sederajad se Jawa Bali.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Penyisihan
Hari : Ahad
Tanggal : 8 Mei 2011
Waktu : 07.30 – selesai

Tempat : SMA/MA yang ditentukan di tiap regional (Informasi SMA tempat penyisihan menyusul bersama surat selanjutnya)
Perempatan final, Semi final dan Final
Hari : Ahad
Tanggal : 22 Mei 2011
Waktu : 07.30 – selesai
Tempat : Aula Fadjar Notonagoro

MEKANISME DAN RANCANGAN

Ketentuan Peserta
1. Merupakan siswa/siswi kelas 1 atau 2 SMA/SMK/MA atau sederajat di Jawa.
2. Peserta terdiri dari 2 orang dalam 1 tim dan setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari 1 tim.
3. Mendaftarkan diri ke Panitia Sharia Economics Olympiad dengan mengisi formulir pendaftaran online.

Tata Tertib Peserta
1. Peserta wajib memakai seragam sekolah dan bersepatu.
2. Peserta wajib memakai tanda peserta selama acara barlangsung.
3. Kartu tanda peserta akan diberikan saat registrasi peserta di setisp regional.
4. Peserta wajib hadir 30 menit sebelum acara dimulai.
5. Peserta harus sudah mengetahui ruangan sebelum seleksi dimulai.
6. Apabila pada hari pelaksanaan peserta tidak hadir, maka peserta dianggap gugur dan biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

Teknis Pendaftaran
1. Setiap Tim wajib mendaftarkan identitasnya dengan mengisi formulir pendaftaran berikut ini: Terlampir atau dapat di download DI BAWAH atau di blog ini, pada Page “ICON”, ‘SEO 2011’
2. Formulir pendaftaran dapat dikirimkan ke alamat HIMA Ekonomi Islam Universitas Airlangga Graha Krida Mahasiswa (GKM) Lt.2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Jl. Airlangga No. 4 Surabaya atau melalui Email ke: seo.unair2011@yahoo.com
3. Tim yang telah mengirim formulir pendaftaran diwajibkan melakukan konfirmasi kepada CP. Elfira Maya Adiba (085655480447) atau Al Ma’rifatul A. (0857306573350) atau Mohammad Naim Mulfi (085235629008)
4. Pendaftaran dibuka pada hari Senin, 28 Maret 2011 dan ditutup pada hari Senin, tanggal 01 Mei 2011 pukul 23.59 WIB
5. Biaya pendaftaran untuk setiap tim sebesar Rp 80.000,00. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke Bank Syariah Mandiri Cabang Sidoarjo atas nama Elfira Maya Adiba dengan No. Rekening 0320114007.
6. Setiap Tim wajib menunjukkan bukti transfer berupa kwitansi atau slip transfer bank pada saat registrasi ulang di babak penyisihan.
7. Peserta harus menaati semua syarat pendaftaran diatas.

Teknis Pelaksanaan

a) Babak Penyisihan
1. Diikuti oleh peserta yang telah melakukan registrasi.
2. Bentuk lomba adalah menjawab soal-soal pilihan ganda sebanyak 100 soal.
3. Alokasi waktu pengerjaan soal 100 menit.
4. Diambil 50 tim dari seluruh regional dengan ketentuan yaitu peringkat 1, 2 dan 3 setiap regional otomatis masuk 50 besar dan untuk kuota sisanya (untuk mendapatkan 50 tim) dilakukan dengan sistem peringkat paralel seluruh regional.

b) Babak Perempat Final
1. Diikuti oleh 50 tim yang lolos dari setiap regional.
2. Bentuk lomba adalah menjawab soal – soal pilihan ganda 20 soal, Matching Answer 10 soal, dan Esai 10 soal
3. Alokasi waktu pengerjaan soal 45 menit.
4. Diambil 15 tim terbaik untuk maju ke babak Semi Final.

c) Babak Semi Final
1. Diikuti 15 tim yang lolos babak perempat final.
2. Bentuk lomba adalah peserta mengerjakan soal di pos – pos yang disediakan panitia.
3. Estimasi waktu lomba adalah 60 menit.
4. Diambil 5 tim terbaik untuk maju ke Grand Final.

d) Babak Grand Final

1. Diikuti oleh 5 tim yang lolos babak Semi Final.

2. Format lomba berupa cerdas cermat yang dibagi menjadi 3 sesi :
· Sesi soal-jawab sebagai tabungan.
· Behind the Number dengan menggunakan media power point.
· Sesi Cepat, Tepat, Akurat!

e) Materi Sharia Economics Olympiad
· Matematika
· Matematika Ekonomi
· Akuntansi
· Mikroekonomi
· Makroekonomi
· Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
· Pengantar Ekonomi Islam
· Fiqih Muamalah
· Zakat

DAFTAR REGIONAL
Regional I : Surabaya
– Gresik
– Sidoarjo
– Mojokerto
Regional II : Madiun
– Magetan
– Ngawi
– Ponorogo
– Pacitan
Regional III : Kediri
– Tulungagung
– Blitar
– Nganjuk
– Jombang
– Trenggalek
Regional IV : Lamongan
– Tuban
– Bojonegoro
Regional V : Malang
– Batu
– Pasuruan
Regional VI : Jember
– Lumajang
– Probolinggo
– Bondowoso
– Banyuwangi
Regional VII : Bangkalan
– Sampang
– Pamekasan
– Sumenep
Regional VIII : Yogyakarta:
· Yogya
· Magelang
· Bantul
· Sleman
Surakarta:
· Solo
· Karanganyar
· Boyolali
· Sragen
· Wonogiri
· Klaten
Regional IX : Semarang
– Salatiga
– Demak
– Kudus
– Jepara
– Rembang
Regional X : Jakarta
– Tangerang
– Purwakarta
– Pandegelang
– Subang
– Purwakarta
– Depok
– Bogor
Regional XI : Bandung
– Garut
– Cimahi
– Tasikmalaya
– Soreang
Regional XII : Bali

HADIAH
Juara I Trophy Mendiknas* +sertifikat+ uang pembinaan Rp 3.000.000
Juara II Trophy Gubernur Jawa Timur* + sertifikat+uang pembinaa Rp 2.000.000,00
Juara III Trophy Rektor Universitas Airlangga* + uang pembinaan sertifikat+ Rp 1.000.000,00
*dalam konfirmasi

AKOMODASI
Bagi peserta yang lolos ke babak perempat final akan diundang panitia ke kampus FEB Universitas Airlangga pada tanggal 29 Mei 2011. Peserta harus sudah hadir pukul 07.30 WIB. Bagi peserta yang akan menginap akan dibantu panitia mencarikan penginapan (biaya penginapan ditanggung peserta. Biaya penginapan 1 kamar ± Rp 50.000/malam), namun seminggu sebelum hari H harus sudah menginformasikan kepada panitia. Panitia juga akan menjemput peserta yang datang di terminal Bungurasih, bandara Juanda, stasiun Gubeng, dan stasiun Pasar Turi. Panitia akan menjemput peserta maksimal hingga pukul 18.00 WIB.

CONTACT PERSON
Elfira Maya Adiba : 085655480447
M. Mufli Naim : 085235629008

FORMULIR :
Formulir Pendaftaran : KLIK

Sumber disini



 Challenge of Sharia Business Plan 2011 (CASH BP 2011), merupakan kegiatan dalam serangkaian acara Islamic Economics Mounth Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam “ICON HIMA EKIS” Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Airlangga dalam rangka memperkenalkan dunia bisnis serta mengembangkan hard skill dan soft skill siswa Sekolah Menengah Atas atau sederajat, khususnya dalam bidang bisnis.

CASH BP 2011 di tempuh melalui dua tahap, yaitu seleksi tahap pertama yang terdiri dari penyaringan via proposal kemudian seleksi tahap dua yang terdiri dari presentasi dan display yang di adakan di fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga.

Tema CASH BP 2011 adalah “ONE HEART FOR BEST FUTURE”. Nama ini dipilih karena kalimat tersebut memiliki arti “bahwa apabila kita dalam menjalankan dan menciptakan usaha dengan hati, maka kita akan cenderung pada yang baik untuk masa depannya”. Dan dari tema di atas, kita mengambil tujuan agar siswa-siswi tersebut itu bisa meningkatkan jiwa kewirausahawan serta peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Jadwal Singkat

13 April – 27 April
Pendaftaran + pembayaran pendaftaran dan konfirmasi pembayaran ke CP terlampir
Membayar uang pendaftaran pada rekening yang telah terlampir

27 April 2011
Batas terakhir pengumpulan proposal BP
Batas terakhir proposal BP di kirim (cap pos)

3 Mei 2011
Pengumuman 10 besar
Pengumuman dapat dilihat melalui blog Hima EKIS FEB UA

8 Mei 2011
10 tim terbaik tiba di asrama
Pengkondisian dan persiapan peserta di asrama

9 Mei 2011
Final
Presentasi dan Display

Hadiah pemenang “CASH BP 2011”
Juara 1 = Rp 3.000.000,00 + tropy + sertifikat
Juara 2 = Rp 2.000.000,00 + tropy + sertifikat
Juara 3 = Rp 1.000.000,00 + tropy + sertifikat
Juara Faforit

Ketentuan Pengisian Formulir pendaftaran :

  1. Download Formulir DI BAWAH
  2. Formulir pendaftaran diisi menggunakan huruf capital dengan lengkap dan jelas, karena panitia tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan dalam penulisan data sertifikat akibat ketidakjelasan/ketidaklengkapan saat pengisian data di formulir pendaftaran.
  3. Kolom Contact Person pada surat pernyataan diisi dengan nomor handphone salah satu perwakilan tim yang dapat dihubungin oleh panitia 24 jam.

Peraturan dan Administrasi CASH BP 2011 :

  1. Satu tim terdiri dari maksimal 3 orang siswa/i.
  2. Anggota tim diperbolehkan berasal dari kelas yang berbeda ( X, XI, atau XII).
  3. Anggota tim merupakan siswa dari SMA/SMK/MA negeri maupun swasta dan Pondok Pesantren (PonPes) yang sederajat di wilayah Jawa dan Madura.
  4. Anggota tim yang sudah terdaftar tidak dapat digantikan dengan alasan apapun.
  5. Proposal rencana bisnis yang diperlombakan dapat berlaku untuk bisnis yang belum beroperasi.
  6. Range modal dalam Proposal rencana bisnis ini adalah ± Rp 30.000.000,00
  7. Proposal rencana bisnis yang diperlombakan tidak melanggar peraturan perundangan yang berlaku, ketertiban umum, dan norma kesusilaan.
  8. Proposal rencana bisnis yang diperlombakan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut.
  9. Proposal rencana bisnis yang diperlombakan TIDAK mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, ataupun skema piramid.
  10. Proposal rencana bisnis yang diperlombakan harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata.
  11. Proposal rencana bisnis yang diperlombakan merupakan proposal yang sebelumya belum pernah di lombakan serta belum pernah keluar menjadi pemenang lomba atau mendapatkan penghargaan.
  12. Proposal rencana bisnis tersebut adalah karya original dari peserta, bukan merupakan plagiarisme. Juri berhak membatalkan kemenangan peserta jika terbukti ada indikasi plagiarisme.
  13. Anggota Tim hanya diperbolehkan membuat 1 (satu) Proposal rencana bisnis.
  14. Sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) tim.
  15. Keputusan juri bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

Pendaftaran peserta CASH BP 2011 bisa dilakukan dengan cara:
Bisa langsung Mendownload formulir pendaftaran dalam bentuk softcopy melalui blog ini (di bawah) “CASH BP 2011”
Peserta Tim mengirimkan formulir yang telah dilengkapi dalam bentuk hardcopy bersama proposal ide bisnis.

Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,- pada nomor rekening
BANK MANDIRI
140-00-0992985-3
atas nama Syelvi Salama bt Abdullah Bazher

Sistematika pengumpulan proposal CASH BP 2011 :

  1. Peserta mengirimkan proposal rencana bisnis dalam bentuk hard copy sebanyak 3 (tiga) buah dengan wajib menyertakan:
  2. Formulir pendaftaran (hardcopy) yang telah diisi secara lengkap.
  3. Surat pernyataan peserta
  4. Bukti transfer asli.
  5. Foto resmi 3×4 3 lembar (berwarna) untuk masing-masing peserta.
  6. Fotokopi Kartu Pelajar yang masih aktif (1 lembar) untuk masing-masing peserta.
  7. Surat keterangan siswa/i dari pihak sekolah masing-masing yang serta dilegalisasi.

Peserta wajib menuliskan judul dan kategori proposal ide bisnis pada bagian depan amplop.

Kategori pilihan:

  1. Industri Kreatif : Ide bisnis di bidang seni, produk berupa barang-barang kerajinan yang bernilai seni, seperti baju, topi, sepatu, dan produk yang lain.
  2. Kuliner : Ide bisnis berupa produk makanan atau minuman.
  3. Teknologi : Ide bisnis di bidang teknologi, seperti menciptakan mesin, alat-alat elektronik, software, dan produk teknologi yang lain.
  4. Jasa : Ide bisnis berupa produk yang “tidak berwujud tetapi tampak manfaatnya”, seperti warnet, sekolah, dan produk jasa yang lain.

Proposal rencana bisnis peserta harus SUDAH DITERIMA oleh panitia CASH BP 2011 beserta persyaratannya paling lambat tanggal 27 April 2011 (cap pos), yang ditujukan kepada :

Panitia CASH BP 2011
Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga
Graha Krida Mahasiswa (GKM) Lantai 2
Jl. Airlangga 4-6 Surabaya 60286
Contact Person : Icha +6285259540707
Rochim +6285731042047

Sistematika Penulisan :
1. Proposal Bisnis dibuat maksimal 7 halaman.
2. Proposal Bisnis kertas ukuran A4.
3. Desain Proposal Bebas/sesuai tema.
4. Ditulis dengan Font Times New Roman dengan ukuran 12. Menggunakan spasi 1.5 lines dan diberi nomor halaman.
5. Batas pengetikan: Samping kiri dan batas atas 3cm, samping kanan dan batas bawah 2cm.

Kerahasiaan Informasi :
1. Segala informasi mengenai rencana usaha yang diajukan 100% menjadi hak panitia dan tidak dapat ditarik kembali.
2. Panitia dan Dewan Juri menjamin kerahasiaan informasi yang diberikan (diajukan) dan hanya akan digunakan untuk kepentingan penilaian Lomba Rencana bisnis “CASH BP 2011”.
3. Apabila informasi akan dipublikasikan diluar kepentingan penilaian Lomba Rencana bisnis “CASH BP 2011”, pihak panitia akan meminta izin tertulis terlebih dahulu dari peserta pemilik informasi tersebut.

Proposal bisnis yang diajukan tiap peserta terdiri dari :
1. Judul rencana bisnis : Berisi tentang judul yang dapat mencakup tema dan tujuan dari bisnis yang diajukan, dapat memberikan kesan menarik, unik, serta khas.
2. Ringkasan eksekutif : merupakan penjelasan singkat mengenai isi proposal yang diberikan, maximum satu halaman yang dapat mencakup semua isi proposal bisnis.

3. Pendahuluan : Ide Bisnis dan Peluangnya.
a) Latar belakang singkat bisnis : alasan tentang mengapa membuat bisnis tersebut.
b) Visi dan misi perusahaan : menjelaskan tentang visi dan misi perusahaan yang bersangkutan.

4. Rencana Bisnis
a) Penjelasan singkat tentang bisnis : merupakan penjelasan singkat terhadap bisnis yang diajukan, dan manfaat dari bisnis tersebut untuk pelaku bisnis dan masyarakat.
b) Analisis SWOT bisnis : merupakan penjelasan mengenai SWOT akan bisnis yang dilaksanakan. SWOT dapat dijelaskan dari berbagai sisi, misal: pemasaran, keuangan, atau oprasional.
c) Struktur organisasi : merupakan daftar pengurus perusahaan inti, dapat dijelaskan dengan menggunakan organization tree.
d) Analisis pasar (market analysis) : merupakan penjelasan singkat dari analisa pasar, penggambaran singkat tentang 4Ps (product, price, place, and promotion) serta analisa pesaing, target perusahaan dan segmentasi pasar.
e) Analisis produksi : merupakan penjelasan singkat dari analisa aliran produksi dari bahan mentah sampai bahan jadi. Atau dapat berupa proses bisnis, dapat pula digambarkan dengan menggunakan flow process chart.
f) Analisa resiko bisnis : merupakan penjelasan singkat dari analisa tentang resiko yang ditimbulkan dari bisnis tersebut disertakan pula dengan penjelasan, dampak positif, dan negatif dari resiko tersebut.
g) Strategi bisnis : merupakan penjelasan singkat dari strategi yang dapat dipakai dalam penjualan atau pemasaran produk bisnis tersebut.
h) Proyeksi keuangan dan sumber pendanaan : merupakan penjelasan singkat dari proyeksi modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut, dan sumber pendanaan yang bisa diajukan. Juga ditambahkan berapa return yang didapat dalam membiayai bisnis tersebut.
i) Rencana aktivitas dan penjadwalan : merupakan rencana aktifitas dari awal rencana bisnis itu dijalankan sampai beroprasi (workflow), dan juga disertakan timelinenya.

5. Lampiran

Tahapan Penjurian :
Pada CASH BP 2011 terdapat beberapa tahapan seleksi yakni :

SELEKSI TAHAP 1
Seleksi I merupakan tahap penilaian pertama oleh tim juri. Pada seleksi tahap I ini, proposal rencana bisnis peserta yang telah diterima akan diseleksi oleh tim juri yang telah ditentukan dengan beberapa kriteria penilaian. Hasil seleksi I akan menghasilkan 10 proposal rencana bisnis terbaik. Tim yang lolos dalam 10 besar akan di umumkan melalui website CASH BP 2011, selain itu ketua kelompok tiap tim juga akan dihubungi secara langsung agar lebih efektif dan efisien (pesan bisa langsung diterima) untuk dapat mengikuti seleksi tahapan berikutnya.

KRITERIA PENILAIAN
Kriteria penilaian masing-masing variabel dalam Bisnis Plan yang dinilai adalah sebagai berikut:
1.Tujuan Penyusunan Proposal rencana bisnis 10%
2.Deskripsi Produk yang dihasilkan 10%
3.Perencanaan Pemasaran 15%
4.Proyeksi Keuangan 15%
5.Analisis Resiko Bisnis 10% – Dimana sudah disebutkan di atas beberapa kriteria penilaian, Proposal rencana bisnis ini juga dinilai berdasarkan kriteria yang sesuai ketentuan syariah.
6.Kriteria Syariah.
i. Kehalalan pada produk dan proses
ii. Manajemen Islami (aqad/kontrak kerja usaha Islami)
iii. Sistem Kerjasama sesuai syariah (sistem syirkah usaha)
7.Kriteria Kelayakan Usaha
i. Daya saing usaha (aspek pemasaran, teknis,organisasi & manajemen, finansial)
ii. Daya guna usaha terhadap masyarakat (aspek sosial dan lingkungan)
iii. Kesederhanaan implementasi usaha (tingkat kesulitan dalam menjalankan usaha)

FINAL : PRESENTASI RENCANA BISNIS DAN DISPLAY UMUM

10 tim terbaik akan didatangkan langsung ke kampus B FEB UNAIR untuk presentasi dan display umum tentang produk yang mereka hasilkan. Setiap tim harus membawa contoh produk jika bisnis tersebut berkategori kuliner, teknologi, serta industri kreatif. Dan sebaliknya, jika bisnis tersebut berkategori jasa, maka dalam display mereka wajib membawa brosur serta diperkenankan membawa pendukung lainnya yang diperlukan oleh tim (panitia hanya menyediakan beberapa pendukung yang diperlukan, selebihnya usaha dari masing-masing peserta). Presentasi dilaksanakan dalam durasi kumulatif 300 menit/ ± 5jam, dengan rincian 15 menit presentasi kemudian dilanjutkan dengan 5 menit untuk peserta lain atau audiens dan 10 menit sesi tanya jawab oleh tim juri. Display dilaksanakan setelah rangkaian presentasi selesai dengan durasi ±2 jam untuk seluruh tim di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.
10 tim yang maju ke Final berhak mendapatkan program pendampingan oleh tim panitia dalam kaitannya dengan persiapan presentasi dan display.
Untuk tim yang tidak lolos dalam 10 terbaik, diperbolehkan untuk mengikuti display di kampus FEB UNAIR. (nb: biaya akomodasi bukan menjadi tanggung jawab panitia CASH BP 2011)
Display terbaik dan termenarik dari seluruh tim (yang dibuktikan dengan buku tamu yang dimiliki oleh peserta tim) dapat berkesempatan mendapatkan juara faforit dari panitia CASH BP 2011.

KRITERIA PENILAIAN
Presentasi :
1. Public speaking
2. Kedisiplinan terhadap waktu
3. Ketepatan menjawab pertanyaan
4. Kesopanan/etika presentasi

Display :
a) Kebersihan
b) Keindahan
c) Cara menarik perhatian pengunjung (pengisian buku tamu)

Download FORMULIR :
Formulir pendaftaran : KLIK

Sumber disini



Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-16 Tahun 2011 sekaligus untuk mengembangkan minat penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bagi masyarakat, maka Pemerintah Kabupaten Sleman akan menyelenggarakan Lomba Penemuan/Pengembangan IPTEK bagi masyarakat umum dan Karya Tulis Ilmiah bagi pelajar (SD/MI; SMP/MTs; SMA/SMK/MA) dengan Tema “Inovasi untuk Kesejahteraan Rakyat”.

Adapun ketentuan-ketentuan lomba meliputi :

Persyaratan Umum.

  1. Peserta adalah masyarakat umum/mahasiswa/pelajar di wilayah Kabupaten Sleman;
  2. Hasil karya dapat berupa karya perorangan maupun kelompok;
  3. Karya yang dikirim adalah karya orisinil, murni gagasan sendiri atau pengembangan gagasan karya yang pernah ada tetapi bukan merupakan jiplakan atau saduran, dilampiri dengan surat pernyataan
  4. Karya yang dikirim bukan merupakan karya yang telah atau sedang dilakukan penelitian dengan bantuan dana dari pihak sponsor manapun;
  5. Karya belum pernah dipublikasikan di media manapun dan belum pernah memperoleh kejuaraan;
  6. Karya dikirim dalam bentuk softcopy dan hardcopy serta dilampiri fotokopi identitas diri dan nomor telepon yang mudah dihubungi;
  7. Karya Penemu/Pengembang IPTEK akan diambil 3 (tiga) pemenang, adapun untuk Karya Tulis Ilmiah pada masing-masing jenjang pendidikan akan diambil 4 (empat) pemenang.
  8. Bagi para pemenang akan diberikan uang pembinaan dan piagam penghargaan.
  9. Keputusan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat serta tidak diadakan surat menyurat;
  10. Semua karya yang masuk menjadi milik Panitia dan Panitia berhak menggunakan untuk kepentingan yang diperlukan.

Persyaratan Khusus

A. Kategori Penemu/Pengembang IPTEK

  1. Peserta adalah masyarakat umum;
  2. Hasil karya merupakan rancangan penemuan/pengembangan IPTEK yang akan dilaksanakan maupun yang sudah dilaksanakan dan masih memerlukan penyempurnaan;
  3. Rancangan penemuan/pengembangan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang diketik di atas kertas A4 dengan huruf Arial 12 spasi 1,5 maksimal 15 halaman;
  4. Untuk melengkapi tulisan harus dilampirkan foto prototype ataupun gambar pendukung cara kerja rancangan penelitian;
  5. Bagi yang lolos seleksi akan ada pemberitahuan presentasi dan kunjungan lapangan dengan waktu ditentukan kemudian.

B. Kategori Karya Tulis Ilmiah

  1. Peserta adalah pelajar SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA;
  2. Karya tulis dapat berupa hasil penelitian ilmiah yang sudah dilakukan sebelumnya oleh penulis;
  3. Karya tulis ditulis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah diketik di atas kertas A4 dengan spasi 1,5 dalam ukuran huruf Arial 12 maksimal 15 halaman;
  4. Bagi yang lolos seleksi akan ada pemberitahuan presentasi (khusus untuk pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK/MA) dengan waktu ditentukan kemudian;

Pengiriman

  1. Karya dimasukkan dalam amplop tertutup, ditulis jenis lomba yang diikuti, nama lengkap, alamat dan asal sekolah/instansi peserta;
  2. Karya kemudian dimasukkan ke dalam Map Plastik Biru (untuk Lomba Penemu/Pengembang IPTEK) dan Map Plastik Hijau (untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah);
  3. Pengiriman lewat pos ditujukan kepada Kepala Bappeda Kabupaten Sleman cq Bidang Pengendalian & Evaluasi, Jl. Parasamya No. 1 Beran Tridadi Sleman atau langsung diantar sendiri;
  4. Karya paling lambat harus sudah diterima oleh Panitia pada tanggal 30 Juni 2011.

Hadiah
Hadiah berupa uang pembinaan bagi pemenang lomba Penemu/Pengembang IPTEK adalah sebagai berikut :

  1. Peringkat I sebesar Rp3.500.000,-
  2. Peringkat II sebesar Rp3.000.000,-
  3. Peringkat III sebesar Rp2.500.000,-

Hadiah berupa uang pembinaan bagi pemenang Karya Tulis Ilmiah adalah sebagai berikut:

a. Tingkat SD/MI

  1. Peringkat I sebesar Rp1.250.000,-
  2. Peringkat II sebesar Rp1.000.000,-
  3. Peringkat III sebesar Rp750.000,-
  4. Peringkat IV sebesar Rp500.000,-

b. Tingkat SMP/MTs

  1. Peringkat I sebesar Rp1.500.000,-
  2. Peringkat II sebesar Rp1.250.000,-
  3. Peringkat III sebesar Rp1.000.000,-
  4. Peringkat IV sebesar Rp750.000,-

c. Tingkat SMA/SMK/MA

  1. Peringkat I sebesar Rp1.750.000,-
  2. Peringkat II sebesar Rp1.500.000,-
  3. Peringkat III sebesar Rp1.250.000,-
  4. Peringkat IV sebesar Rp1.000.000,-

Berikut ini lampiran surat pernyataan hasil penelitian (klik untuk download)

Lampiran surat pernyataan

Apabila terdapat beberapa hal yang kurang jelas dapat menghubungi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Kabupaten Sleman Telepon (0274) 868405 psw 1170 atau email panitiahakteknas@yahoo.co.id. Atas partisipasi aktif dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Sumber disini



Lomba Karya Tulis Sejarah (LKTS) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan dan lisan (presentasi) diikuti mahasiswa (terbuka untuk semua jurusan ilmu sosial dan eksakta) dengan sub tema: ”Aktualisasi Nilai-nilai Nasionalisme dalam Perspektif Sejarah”. Melalui lomba ini peserta akan meningkat kemampuannya dalam memahami nilai-nilai sejarah untuk memperkuat jati diri dan membangun karakter kaum muda Indonesia. Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/

Topik pilihan :

  1. Peranan tokoh sejarah lokal dan nasional
  2. Peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di tingkat lokal dan nasional
  3. Sejarah kelembagaan yang terkait nilai-nilai nasionalisme Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/

Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
a. Ketentuan Naskah :

  1. Judul dan isi sesuai sub tema dan topik pilihan yang ditetapkan panitia.
  2. Karya tulis terdiri atas: Pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan. Isi berisi jawaban atas rumusan masalah. Pada bagian akhir Kesimpulan.
  3. Gunakan sumber-sumber (data sejarah) yang menunjang karya tulis, baik sumber tertulis (dokumen, literatur, suratkabar, dll) maupun hasil wawancara dan kunjungan perpustakaan, museum, website, internet, dll.
  4. Murni hasil karya sendiri (bukan plagiat atau saduran) dan belum pernah ikut lomba sebelumnya dan dipublikasikan di media massa.
  5. Menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar.
  6. Naskah diketik di atas kertas A4 (21×29,7 cm.), 80 gram, maksimal 15 (limabelas) halaman (termasuk halaman judul, halaman pengesahan, daftar isi, daftar pustaka, dan biodata), menggunakan huruf Times New Roman – font 12, spasi 1,5.
  7. Margin kiri 4 cm, margin atas, bawah, dan kanan 3 cm.
  8. Halaman sampul (cover) berisi: judul, nama penulis, nomor induk mahasiswa, nama perguruan tinggi, dan tahun (2011).
  9. Halaman pengesahan berisi nama penulis, nomor induk mahasiswa, judul, nama pembimbing dan tandatangan, serta diketahui dan ditandatangani Ketua Jurusan, lalu dicap dengan stempel jurusan.
  10. Biodata lengkap (termasuk nomor hp/telp rumah agar memudahkan dihubungi panitia) diletakkan di halaman terakhir.
  11. Mengirimkan satu naskah beserta softcopy (CD) via Pos ke Panitia Pekan Nasional Cinta Sejarah (PENTAS) 2011 dengan alamat Direktorat Nilai Sejarah, Kompleks Kementerian Pendidikan Nasional- Gedung E Lt. 8, Jl. Jenderal Sudirman-Senayan, Jakarta, atau melalui email Direktorat Nilai Sejarah : nilaisejarah_budpar@yahoo.co.id, selambat-lambatnya Rabu, 22 Juni 2011Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/

Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
b. Kriteria Penilaian :

  1. Kaitan judul dengan tema
  2. Alur penulisan
  3. Penelusuran dan penggunaan sumber
  4. Teknik presentasi (bagi 6 finalis) Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/

Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
c. Tahapan seleksi : 

  1. Seleksi tahap I, dilaksanakan pada Minggu keempat Juli 2011 oleh Panitia untuk memilih karya tulis yang memenuhi persyaratan pada (a) ketentuan naskah (1 s.d 10).
  2. Seleksi tahap II, dilaksanakan pada Minggu kedua Agustus oleh Dewan Juri untuk memilih enam finalis karya tulis terbaik yang akan diundang ke Palu. Pengumuman enam finalis akan disampaikan pada Website Direktorat Nilai Sejarah : http//www.budpar.go.id, selambat-lambatnya pada Minggu ketiga Agustus 2011.
  3. Seleksi tahap III, dilaksanakan di Palu, pada Kegiatan PENTAS 2011. Enam finalis mempresentasikan karyanya di hadapan Dewan Juri guna menentukan urutan pemenang. Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/

Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
d. Ketentuan Lain

  1. Panitia menanggung biaya transportasi pesawat udara (kelas ekonomi), akomodasi, dan konsumsi enam finalis (dari luar Provinsi Sulteng) selama berada di Palu.
  2. Panitia menghubungi enam finalis pada minggu ketiga Agustus 2011.
  3. Bagi para pemenang panitia menyediakan hadiah berupa: total hadiah senilai Rp. 22.000.000, (dua puluh dua juta rupiah) tropi, dan sertifikat.
  4. Seluruh karya yang diterima panitia menjadi milik Direktorat Nilai Sejarah, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.
  5. Karya tulis terbaik akan diterbitkan dan didistribusikan ke perpustakaan sekolah seluruh Indonesia. Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/

Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Ttd Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Panitia Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber Artikel : http://www.infolombaku.blogspot.com/
Sumber disini


(Budiman Jaya-FKH IPB 2007)

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s