Chance to Visit Japan for IPB student

Hingga saat ini IPB telah bekerja sama dengan 5 Perguruan Tinggi di Jepang dalam program pertukaran mahasiswa, yaitu Hokkaido University, Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT), Ibaraki University, Utsunomiya University, dan Ryukyu University. Bagi Anda yang berminat, kuncinya adalah sering-sering berkunjung ke bagian Program International di lt.2 rektorat. Deadline aplikasi program ini biasanya hampir sama dari tahun ke tahun. Pada tahun 2009, deadline aplikasi untuk TUAT 6 Maret, Hokkaido 28 Februari, dan Ryukyu 19 Maret (pada tanggal tsb berkas harus sudah terkirim ke PT Jepang).

Persyaratannya pun pada umumnya sama. Semuanya bisa dilihat di website masing-masing.

www.tuat.ac.jp/~step/ untuk STEP@TUAT  http://research.ntou.edu.tw/R3/documents/2008-9%20Ryukyus/2008-2009%20URSEP/URSEP%20Appli%20%20From.pdf  untuk URSEP (ryukuy univ), dan

http://www.isc.hokudai.ac.jp/www_ISC/courses/courses-e5.htm untuk HUSTEP (HOKKAIDO UNIV)

Berikut merupakan kelengkapan aplikasi untuk STEP@TUAT (Short term Exchange Program at Tokyo University of Agriculture and Technology). Program ini diperuntukkan mahasiswa Undergraduate (S1) tahun ke-3 dan ke-4. Kelengkapan aplikasinya sebagai berikut:

  1. Form aplikasi lengkap (9 halaman)*
  2. Certificate of enrollment dari IPB (institute tempat kita belajar) untuk mengikuti STEP@TUAT → surat keterangan dari rektorat (dalam bahasa inggris)
  3. 2 buah surat rekomendasi dari 2 orang dosen fakultas*
  4. Transkrip akademik (dalam bahasa inggris)
  5. Penjelasan tentang system penilaian (grade/IPK) di IPB
  6. Hasil tes TOEFL atau sejenisnya
  7. Surat keterangan sehat (dalam bahasa inggris)*
  8. Fotokopi paspor dan KTP (bila ada)
  9. Alamat e-mail ditulis jelas*
  10. form aplikasi beasiswa JASSO*
  •  Yang  ditandai dengan (*) berarti sudah tersedia formatnya. Butuh perjuangan dan waktu untuk melengkapi semua persyaratan tersebut sehingga harus dilakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum closing date. Paling tidak 2-3 bulan, lebih awal lagi lebih baik. Pertama Form aplikasi sekali lagi bisa didapat dari bagian Program International di Rektorat lt.2. Kita bisa bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti. Biasanya form harus difotokopi dan dikembalikan ke PI pada hari yang sama dengan syarat meninggalakan KTM di PI.  Atau download di situsnya www.tuat.ac.jp/~step/ Persyaratan yang kedua itu bisa didapat di Rektorat loket 3. bisa meminta bantuan pada pak Ruli dan Bu Lilis. Bilang saja klo kita mau membuat surat keterangan sebagai mahasiswa  dalam bahasa inggris untuk mengikuti pertukaran pelajar.  Waktu yang dibutuhkan untuk membuat surat ini adalah 3 hari. Yang harus dibawa untuk pembuatan surat ini adalah KTM, fotocopy KTM, dan fotocopy slip pembayaran terakhir.Yang ketiga ini sudah tersedia formnya. Sebaiknya kita minta dosen yang sudah memperoleh gelar professor. Mengenai penulisannya sebaiknya ditulis tangan langsung oleh sang professor. Sementara pengisian form yang lain sebaiknya diketik/cetak computer. Ini dilakukan dengan bantuan software pdf converter (pdf→word) atau software pdf yang bisa diisi, dan ada cara lain yaitu dengan mengetik terpisah isiannya, ditempel yang rapi, dan difotocopy. Karena sebagus apapun tulisan kita belum tentu orang lain bisa baca.Transkrip akademik ditranslate di rektorat loket 1. Serahkan ke sana fotokopi transkrip dari TPB sampai semester terakhir. Biayanya waktu itu 25 ribu dan butuh waktu kurang lebih 5-7 hari.Begitu pula untuk persyaratan kelima. Ini juga dibuat di loket 1. Namun ini dibuat setelah semua form diisi dan semua persyaratan sudah dilengkapi.

    Untuk TOEFL, karena ke Jepang yang bukan Negara berbahasa inggris bisa menggunakan TOEFL-ITP (institutional) bahkan sdri April  ITP 41 (peserta STEP@TUAT 2008-2009) hanya menggunakan score TOEFL prediction. Namun lebih baik score diatas 550. Tes TOEFL-ITP bisa diikuti di UPT Bahasa IPB Gunung Gede dengan biaya 350 rb. Score biasanya keluar 5 hari sampai seminggu setelah tes.

    Surat keterangan sehat dibuat di poliklinik IPB Baranangsiang. Pertama kita meminta surat rujukan ke dokter di poliklinik untuk membuat foto rontgen di rumah sakit (biasanya RS PMI). Hasil rontgen biasanya keluar 1 hari setelah pengambilan foto (biayanya 75 rb waktu itu). Setelah itu baru kita ke poliklinik lagi untuk cek kesehatan. Jangan lupa untuk membawa fotokopi form cek kesehatannya sebagai arsip di poliklinik.

  • Sepertinya faktor yang cukup besar mempengaruhi kelulusan STEP@TUAT yaitu surat rekomendasi dan TOEFL score. Anda harus bisa mendapatkannya dari seorang professor. Terutama lulusan Jepang (cukup terkenal di sana). Untuk TOEFL score usahakan minimal 550, lebih baik lagi diatasnya. Adapun untuk esai, sedapat mungkin ditulis dengan detil dan jelas.
  • SELAMAT MENCOBA!!!
  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s